Mengenai Saya

Foto saya
Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Berbagi Itu Indah

Rabu, 11 September 2013

Tips Menjaga Keamanan Facebook


 

Cara menjaga keamanan facebook 
saat ini sangat penting untuk diketahui ditengah banyaknya aksi pembobolan akun. Di dunia maya memang tidak bisa dibilang benar-benar aman dari berbagai ancaman pencurian data. Tetapi kemungkinan tersebut bisa diminimalisir sehingga tidak menimbulkan resiko yang lebih besar. Hal yang berlaku pula untuk akun Facebook yang sobat miliki.
Sobat harus bisa menjaga dan melindunginya dengan baik dari berbagai upaya untuk membobol akun sobat tersebut. Karena tentunya ada banyak data pribadi yang tersimpan di
dalam akun Facebook tersebut yang tidak ingin diketahui oleh orang lain, misalnya percakapan melalui pesan dengan seseorang. Belum lagi adanya kemungkinan penyalahgunaan jika sampai akun Facebook jatuh ke tangan orang lain, bisa-bisa nama baik sobat yang akan menjadi taruhannya.

Dengan berbagai alasan diatas, berikut ini kami akan memberikan beberapa tips tentang cara menjaga keamanan Facebook dengan beberapa langkah mudah yang bisa langsung sobat lakukan, antrara lain adalah :
  1. Menggunakan password yang cukup rumit. Dengan alasan agar mudah diingat, kadang banyak orang yang memilih untuk membuat password yang mudah ditebak. Namun pola pikir ini akan sangat berbahaya jika sudah berurusan dengan dunia internet. Karena sebuah password yang sudah “umum” digunakan akan mudah dibobol oleh orang lain. Karena itu disarankan agar sobat membuat password dengan kombinasi huruf besar dan kecil, angka dan beberapa simbol agar susah ditebak.
  2. Selalu log out saat menggunakan komputer umum. Jangan sampai lupa untuk keluar dari akun Facebook atau log out sebelum meninggalkan komputer yang sobat pakai di tempat umum seperti warnet, kantor, laboratorium komputer, dan tempat umum yang menyediakan komputer lainnya. Hal ini akan mencegah orang lain menggunakan akun sobat untuk hal-hal yang tidak diinginkan.
  3. Jangan menyimpan password di browser. Saat menggunakan komputer di tempat umum untuk membuka  Facebook, jangan sampai menyimpan password dengan cara menekan “Save password” pada pop out yang biasa muncul pada browser. Atau cara lain yang dapat menyimpan password pada browser adalah sobat mencentang tanda “Selalu masuk” atau “Keep login” yang ada di bawah kotak username dan password pada saat login ke Facebook.
Dengan membiasakan diri untuk melakukan langkah cara menjaga keamanan Facebook diatas, maka akun Facebook sobat akan menjadi lebih aman dari tangan-tangan jahil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar